Contoh mekanisme reaksi reaksi eliminasi pada alkil halida dan alkohol
            Reaksi eliminasi merupakan reaksi pembentukan ikatan rangkap. Reaksi ini merupakan reaksi yang berlawanan dengan reaksi adisi. Bila ada zat yang menarik molekul yang akan dieliminasi maka akan terjadi reaksi ini. Reaksi eliminasi terjadi pada ikatan tunggal yang akan berubah menjadi ikatan rangkap karena adanya kehilangan beberapa atom/gugus atom.
A. Reaksi eliminasi pada alkil halida
1. Mekanisme reaksi E2



            Reaksi E2 alkil halida dominan apabila dipakai basa kuat, seperti OH dan OR, dan pada temperatur tinggi. Ikatan C-H diserang oleh C2H5  dan mengambil atom H, dan pada saat itu terjadi terbentuklah ikatan rangkap dua alkena dan gugus X yang mulai meninggalkan. Ikatan rangkap alkena terbentuk apabila ikatan C-H benar-benar sudah putus dan gugus X terlepas dengan membawa elektron ikatan C-X.
2. Mekanisme reaksi E1
- Tahap 1 lambat

            Tahap awal reaksi E1 hampir sama dengan tahap pertama SN1: yakni ionisasi halida. Tahap satu berlangsung lambat, sehingga tahap penentu laju, dari keseluruhan reaksi. Reaksi E1 khas menunjukkan kinetika orde-pertama, yang mana laju reaksi tergantung hanya pada konsentrasi alkil halida. Karena pada reaksi yang berlangsung hanya melibatkan satu pereaksi pada keadaan transisi, reaksi E1 ini merupakan reaksi unimolekul.
- Tahap 2 cepat

            Menghilangnya satu proton tetangga pada tahap yang cepat menghasilkan suatau alkena. Pasangan elektron ikatan C-H yang sebelumnya membentuk ikatan p pada alkena.
B. Reaksi eliminasi pada alkohol

Permasalahan
1. Nukleofil apa saja yang baik untuk reaksi eliminasi E2?
2. Apa yang terjadi jika ikatan C - H diserang oleh C2H5O- dan mengambil atom H?
3. apakah rumus laju untuk reaksi E2?

Komentar

  1. Saya desi ratna sari dengan nim A1C116068 disini saya akan menjawab permasalahan nomor 1. basa kuat karena basa adalah nukleofil yang baik dan juga alasan lain karena alkil halida tidak larut dalam air namun larut dalam alkohol sehingga digunakan basa kuat.serta Bila diolah dengan suatu basa, alkil halide primer biasanya begitu mudah bereaksi substitusi, sehingga sedikit alkena yang terbentuk.

    BalasHapus
  2. Baik saya demiati akan coba bantu jawab nomor 3 yang mana rumus laju dari reksi E2 adalah =

    V= k [B][R-LG].

    yang mana reaksi ini bergantung pada substratnya dan basa yang terlibat

    BalasHapus
  3. Anonim08.04

    nama saya dolla mulyana harnas dengan nim A1C116080 akan mencoba menjawab nomor 2
    pada saat itu terjadi terbentuklah ikatan rangkap dua alkena dan gugus X yang mulai meninggalkan. Ikatan rangkap alkena terbentuk apabila ikatan C-H benar-benar sudah putus dan gugus X terlepas dengan membawa elektron ikatan C-X.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini