MEKANISME REAKSI ADISI ELEKTROFIL PADA SENYAWA ORGANIK TIDAK JENUH

            Reaksi adisi adalah reaksi penambahan atom atau gugus atom dari suatu molekul ke senyawa karbon yang mampu mengingat tambahan atom atau gugus atom tersebut. Senyawa karbon ini diantaranya alkena dan alkuna. Senyawa hidrokarbon tak jenuh ini akan menjadi jenuh. Reaksi Adisi adalah reaksi penambahan suatu atom pada ikatan rangkap dalam suatu senyawa. Pada reaksi adisi terjadi perubahan ikatan, ikatan rangkap tiga menjadi ikatan rangkap dua, atau ikatan rangkap dua menjadi ikatan tunggal.
            Elektrofil merupakan molekul yang kekurangan elektron. Ion dengan bermuatan positif dapat dikategorikan sebagai elektrofil tetapi molekul netral juga dapat dikatakan sebagai elektrofil jika mereka mengandung beberapa jenis gugus fungsional (misalnya gugus karbonil dan alkil halida). Pada proses heterolisis akan terjadi nukleofil dan elektrofil. Menurut konsep asam basa Lewis nukleofil adalah suatu basa, sedangkan elektrofil adalah suatu asam.
            Elektrofil mempunyai atom atau suatu wilayah tertentu dari molekul yang berelektron sedikit. Wilayah tersebut adalah pusat elektrofilik. Pada sebuah ion dengan muatan positif, pusat elektrofiliknya ialah atom yang menyandang muatan positif (misalnya sebuah atom karbon karbokation). Pada sebuah molekul netral, pusat elektrofilik adalah atom dengan elektron tak mencukupi dalam suatu gugus fungsional (misalnya karbon atau atom hidrogen yang terkait dengan atom elektronegatif seperti oksigen atau nitrogen). Reaksi adisi elektrofilik merupakan reaksi adisi dimana, dalam senyawa kimia dimana ikatan π rusak dan dua ikatan σ baru terbentuk. Substrat reaksi pada adisi elektrofilik harus memiliki ikatan rangkap (alkena) atau ikatan rangkap tiga (alkuna).
- Mekanisme reaksi adisi elektrofil pada senyawa organik tidak jenuh
1. Tahap pertama
            Serangan terhadap elektrofil E+ yang terjadi secara lambat dan tahap pertama merupakan tahap penentu laju




            Suatu elektrofil yang membentuk ikatan kovalen dengan ikatan C = C yang tak jenuh dan kaya elektron. Muatan positif pada X+ ditransfer ke ikatan karbon-karbon, membentuk karbokation selama pembentukan ikatan C-I.
2. Tahap kedua
            Serangan nukleofil terhadap karbonium




Permasalahan
1. Tolong jelaskan proses heterolisis untuk menghasilkan elektrofil dan nukleofil?
2. Apa yang menyebabkan terjadinya reaksi adisi elektrofilik?
3. Tolong jelaskan muatan netral seperti apa yang dapat dikategorikan menjadi elektrofil? 

Komentar

  1. Saya mencoba menjawab pertanyaan nomor 2.

    Reaksi adisi terjadi apabila suatu zat (pereaksi) ditambahkan ke dalam senyawa C yang mempunyai ikatan rangkap (senyawa organik tak jenuh), sehingga ikatan rangkap itu berubah menjadi ikatan tunggal. Dan "reaksi adisi elektrofilik" terjadi apabila gugus yang pertama menyerang suatu ikatan rangkap adalah "pereaksi elektrofil". Elektrofil adalah spesies (atom/ ion/ molekul) yang kekurangan elektron, sehingga ia suka akan elektron.

    BalasHapus
  2. baiklah sya mencoba menjab permasalahan anda nomer 1 yaitu
    Pemutusan heterolisis Pemutusan heterolisis terjadi apabila hanya salah satu atom yang membawa elektron, sedangkan atom yang lain tidak membawa elektron (asimetris). Atom yang membawa sepasang elektron akan bermuatan negatif, sedangkan atom yang tidak membawa elektron bermuatan positif. Pemutusan heterolisis molekul AB dapat terjadi dalam dua cara, yaitu:
    a. Jika elektronegativitas A lebih besar dari B,
    b. jika elektronegativitas B lebih besar dari A

    BalasHapus
  3. Baiklah saya akan mencoba menjawab permasalahan yang ketiga

    Muatan netral yang dapat dikategorikan sebgai elektrofilik adalah muatan yang jika mereka mengandung beberapa jenis gugus fungsional (misalnya gugus karbonil dan alkil halida. Elektrofil merupakan molekul yang kekurangan elektron. Ion dengan bermuatan positif dapat dikategorikan sebagai elektrofil tetapi molekul netral juga dapat dikatakan sebagai elektrofil

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini